Information

Tutorial Zmodeler 4(Texturing /material editor)




Kali ini saya akan memberikan cara material editor di zmod,untuk memberikan texture pada suatu object
1.buka salah satu mod,ekstrak folder” vechicle”
2.buka zmodeler,lalu import  filenya
3.saat mengimport ,cari folder vechicle >buka folder truck  >folder tempat file pmg nya berada (bukan lod)
 https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiNXIYML6H-KYIlOqQag93wNIOFLIquvbpDfw6-v_c4ceDTQZL4KhbQ1L0Cmp75Exi91s9_m28c8oBbZafdcTMUHkW5yV7BQ3pEXmvEW8Toh6dEOz3lq8TE964xye89v4W0BW8atZQf19Qz/s640/m2.jpg


4.klik import   
5.buka material editor( yang ditunjuk panah )
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhw_b4tohPlc6wQnil2WZEL6sPJWrb1wSGzb8tbpmu1P0UThM9MG1bjWRO_aDonK5D58fmGZo34AkH8t8IRneDWSJmDjMt0dHavtTz0CoPEDMrecaNjBmCJzZl_bbBkjYBIGZW8Y-IGv10f/s640/m3.jpg

 6.lalu tulis mat seperti ini
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgo1ILHsO0bwsZPlDekFmOZWULpxz_HV4n5_SyPvWaS7ryYRS5OROtOKphZuKlgZAXDbC7ma-B7byKYtL-Ozti3F_taU4J_lTwrhhdAibxokonhzhWFIuBQRDISwJZXpS9nJs6nv2vD2o8U/s640/m4.jpg

 7.pilih adpt5.gloss(untuk body bus/truck) ,lalu klik seperti yang ditunjuk panah
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjkbcQXKOwHcgQLfc0ttzRtlYfEurpsX4VhRsx95W374fwz7YmRygwG8S-7somYb6nol-2L2tjDDauhH5NntBW-5FIG6Ob4FJ2SRkePRkg7Vg5Yybr46xVivGDhyzHHTeXnDtxJpHyvCxcy/s640/m5.jpg
8.lalu akan muncul Texture editor ,klik add

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEg9ivsWdVj31-7aBtDqDsi5ZkAhitnKYJPYbzk1pzRig-fLtOGk3bWhOXOERLIwveNfDanQB6_BvbYkWcUyXLDaIbgtexfRjqofr7ozzr9aKS5kdQelbzuNaz17-fHOiJ9pU2bejz0WbZO6/s640/m6.jpg

10.untuk body yang di centang "opaque",lalu ok
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiCLMcPUdc7Q8QzKZJf1Pqu6rZClCQe0wWX-EfHO3a8UBCfFW2MwfujIK7OJCo7PSsH1nPbBXnd4grZ4b0Rc-dSabO0QUbr0B-nFW7jo5L8Rg-o9sVJN3qEKBMrPXRwYqnu_ZpEc5njme_c/s640/m7.jpg
11.lalu hilangkan centang pada opacity 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEj9xX1-jivxfttcjbXYxzECHbZPiZPrB87Hl7VMCQWruCs40uiBgYYICqaF3-56PU9UhS3XoYMhvy3cS8UFYgbCIh98ZQeI1tfk9ZYejMde1hYQbOgDkxD0hsJ8dytvC7SjpjlSmZRFwSoG/s640/m8.jpg
12.klik assign to selection ,lalu ok
13.selanjutnya buka material editor lagi ,lalu pilih adpt5.glass(merupakan file untuk kaca)
14.lalukan hal yang sama seperti adpt5.gloss
15.pada texture editor ,pilih file glass01.dds
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjDaehtS4AKddHD9HyaIPwx7vKqPp_T2IphmHfv0a7ypbbTDaafu1Q8gLLAeXbfHPWJ_EL5bAbv6AhrvplAw4cpTKfnK7lBTYfnkDdNssu4U6Nbi0PJUYyZHpc9hJZtoBEBZIRz0JnTUc6U/s640/m10.jpg
16.nah untuk adpt5.glass ,yang dicentang adalah "transparant",lalu klik ok
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiJWT3jtXOGLbu6fzGiCCp1TE8rTtGpPEdiUi5p_ie7jZ0JLwoN3tckEeGMXmg96YsfnP7Dpg49Uwp8dn02QvpRwKZvxux3hL94GWhmx4HeRjXMTNrQmc7Vy6ygNu1jBNCtbzyEmqJk_7S4/s640/m11.jpg
17.lalu centang opacity ,dan atur opacity nya (hanya untuk mat kaca),klik ok
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhp1YgUmcrrQl3AC7BLulneBItCV7M6o5xp63cEyyhb_AL-ZRJ2ucmwcU-OcirAZwaf6vuZxh_Aq6YdasS-i93DgAAbEViph49tQphX-M6eVj438U_fzbzMVa10AAqRq519aCs53kudVnY8/s640/m12.jpg
18.selanjutnya memberikan texture pada object ,sisakan object kaca seperti ini 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgGlU_JnyaJJcq_L8GsQGZjoW6HNBVgQv8fFmgg9lfpAjH1Z-gSnLmIdNM2gqLyeoyhkSkVYEYMXkLDurNNG_x2mJwHRGdEDvc4FmrPf6orAluH6eE0R5Sp1Q7zAeqxWPKXiHgy8ND0lime/s640/m13.jpg
19.pada object kaca ,klik kanan >properties>polygons >material>dan pilih adpt5.glass 
tambahan:bila body bus belum ada texture nya juga ,sisakan body bus ,klik kanan gunakan cara yang sama seperti kaca di atas,tapi yang dipilih adalah adpt5.gloss .
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjPmwVkOcoLbCzG1yEWRI5Yd_9CtSek-Ggo5zynfmle-YgfSD6zfiy5h3aE-rWHGSceMAnE-Ni3yzPTv0T1n8C-A-r2wxdzuLquitJ54Iobg5SxUwY9xg4ZWRp2lOrrQ7idi-DBDnuhrgLG/s640/m14.jpg
20.hasilnya akan seperti ini 
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhOtSbEYvKbTWqbAerr6KnQjEl4xr5DckhmZACGAmoxbV0Er4MzUlSu13clzZkN7vfwlpRoMol5ow4tj0u-QRVVeZeGw2pXeWHkr6FiCMYUlPLPuR4e7wXvVSDGzMazlrGSmG2g13xHAfbs/s640/m15.jpg
21.untuk memberikan texture pada korden,penumpang ,dan supir ,buka material editor kembali 
adpt5.passageiros>untuk penumpang >:texture nya passageiros.dds
adpt5.cortina >untuk korden  >texturenya cortina.dds
adpt5.driver > untuk supir >  texturenya driver.dds

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEir4NhSeCGPLNyTNsVY49OcPTmig4qgEBnuWOBDgJvuZQsrME2mHiM_DXIJAXS3IkrIoOkvaGTm21F7y_-k90FKrs_U9DiHC2XFmeiOXyu91O7ySNBFBUPGUjr6j6-F-3OHOKWYhw04Ed3w/s640/m16.jpg
22.untuk ke 3 mat diatas lakukan hal yang sama seperti setting adpt5.gloss (ingat bukan adpt5.glass )

23.untuk memberikan texture ,contohnya memberikan textur pada korden :sisakan object korden >klik kanan>properties>polygons>material>pilih adpt5.cortina 

24.selanjutnya meng export file ,berikan nama sesuai nama pohon node nya.lalu centang beberapa indikator seperti di gambar(kalo saya sih begitu)
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEioEaeoQVHAY0NY1E9bfaCMx-rsihTHN0vzWi2R1QSg0cyxL8hQ5A-uU4i331eOPW29dYcgLjBIs7leDCsA1MMnwYt8Z4LasngQeKTr2fVZqXMJCqlzrXQ2WOS9WwDeJ9YcTK8fZSE0zRVm/s640/m17.jpg
25.export ke suatu folder
26.lalu inilah folder yang nantinya di replace ke mod nya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEgh7BJUxoXspugk-oochBDPEUSHaex9YMt05rN7tp7egCgqVJIZGURTtv632wXXYE3OIrQPUCAB83PNzmn3qPzoIJIS28YTi_EX2UIx8WmJNwt3aQ4B1aUG_scsRcYF-Hgfji8wvVJNCinj/s640/m18.jpg



Konversi KodeOut Of TopicEmoticon

Terima kasih telah berkomentar